RSS

Pabrik Gula, Wisata ber – Sejarah Penuh Edukasi

31 Jan

Pabrik Gula ditelinga masyarakat umum mungkin terdengar kurang menarik, hanyalah tempat tua dengan lori – lori pengangkut tebunya.Namun bagi sebagian orang, pabrik gula merupakan tempat yang menyimpan sejarah bangsa Indonesia, terutama sejarah pada zaman penjajahan. Pada waktu Hindia – Belanda menjajah bangsa Indonesia, mereka mendirikan beberapa  Pabrik Gula, sebagai contoh pabrik gula partikulir dan milik negara di Indonesia yang mulai bermunculan setelah dimulainya era liberalisme pada masa penjajahan Belanda pada tahun 1870, sebelumnya sudah ada beberapa pabrik gula sederhana untuk mengolah panenan tebu, yang termasuk dalam komoditi yang diikutsertakan dalam program Cultuurstelsel. Pada tahun 2013 ini, pabrik gula masih dianggap sebagai sesuatu yang kurang penting, padahal produknya menjadi salah satu kebutuhan pokok masyarakat Indonesia. Lalu, bagaimanakah caranya supaya pabrik gula menjadi menarik di mata masyarakat, sekaligus menjadi sarana wisata dan edukasi yang tepat?

Zaman sekarang adalah zamannya inovasi, siapa yang kreatif akan semakin produktif. Begitu pula dengan pabrik gula yang ada di Indonesia, perlu menerapkan inovasi dan kreativitas agar potensi yang dimiliki bisa lebih di – explore dan dimanfaatkan untuk meningkatkan pendapatan. Jangan dikira pabrik gula hanyalah sebagai tempat untuk menggiling gula saja, namun bisa juga dimanfaatkan sebagai wisata sejarah dan edukasi bagi masyarakat umum. Sebagai contoh pabrik gula Tasikmadu yang berada di Karanganyar, Jawa Tengah.Pabrik gula tersebut memanfaatkan ruang dan lahan yang ada di sekitar pabrik gula menjadi tempat yang mampu menarik minat masyarakat untuk berkunjung. Sebagian tempat diubah menjadi wahana bermain anak, ada juga yang dibangun menjadi kebun binatang mini yang memelihara beberapa hewan sebagai pelengkap wisata, contohnya adalah Merak, Beruk, Elang Jawa dan lain sebagainya. Wisata sejarah yang ditawarkan oleh pabrik gula Tasikmadujuga mampu menarik pengunjung untuk datang, yaitu wisata Lori Uap mengelilingi seluruh wilayah pabrik, lalu wisata edukasi yang menceritakan tentang seluk beluk dan sejarah pabrik gulaTasikmadu. Hal tersebut sangat diminati masyarakat karena selain sebagai sarana wisata, juga sebagai tempat yang edukatif untuk mengenal lebih dekat tentang pabrik gula. Inovasi bisnis ini perlu diterapkan pada semua pabrik gula di Indonesia, supaya fungsi pabrik gula bukan hanya tempat untuk menggiling tebu saja, namun bisa menarik masyarakat untuk berkunjung dan melihat apa saja peran pabrik gula dalam pembangunan bangsa Indonesia.

Lalu bagaimanakah caranya? Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengubah ruangan dan lahan yang ada menjadi semenarik mungkin sesuai dengan kearifan lokal tempat pabrik gula berada. Tidak perlu berlebih – lebihan, yang penting memanfaatkan apa yang ada disekitar menjadi sesuatu yang valuable, dan jangan meninggalkan kultur yang berlaku . Kemudian lakukan promosi dan pemasaran yang tepat pada calon pengunjung. Bagaimanakah cara promosi yang tepat di tahun 2013 ini? Ditahun yang serba mobile ini, kita harus pandai – pandai mencari celah untuk memperluas jaringan bisnis, salah satunya adalah lewat gadget dan perangkat mobile yang kini banyak dimiliki oleh masyarakat. Sebagai contoh Handphone Blackberry, Iphone atau Handphone dengan OS Android yang menyediakan layanan internet yang mudah dan cepat, lewat perangkat – perangkat itulah kita bisa mempromosikan produk atau jasa yang kita miliki kepada masyarakat. Dengan promosi dan pemasaran secara online iniakan cukup efektif menjangkau masyarakat calon konsumen. Selain itu, dalam pemasaran online ini, kita juga perlu memperhatikan tren – tren yng merebak dalam masyarakat supaya apa yang telah kita lakukan bisa berhasil dan optimal. Tren – tren yang kini banyak beredar antara lain :

  • Konsumen akan menjadi marketers

Dengan review tentang wisata pabrik gula melalui media sosial atau berbagai video, konsumen akan lebih diberdayakan dari sebelumnya untuk berbagi pendapat mereka, tentang baik atau buruknya produk dan layanan dari pabrik gula yang digunakan oleh konsumen.

  • Mengelola reputasi bisnis online Anda

Apa yang konsumen katakan tentang bisnis Anda akan menjadi semakin penting pada tahun 2013. Anda harus menggunakan waktu yang lebih lama untuk dapat mengelola media online Anda karena media online adalah salah satu cara melindungi reputasi Anda pada tahun 2013.

  • Perkuat layanan bisnis online Anda melalui mobile/smartphone

Dapat dipastikan bahwa pada 2013, konsumen akan semakin banyak mengakses dan menggunakan layanan online, baik pembelian maupun pembayaran melalui smartphone atau ponsel mereka. Untuk itu, Anda sebagai pengusaha harus dapat memberikan solusi berbagai pelayanan melalui perangkat mobile. Dan hal lain yang juga harus diperhatikan adalah bagaimana tampilan website di ponsel yang simpel dan menarik.

  • Targetkan pelanggan lokal

Untuk meningkatkan bisnis Anda di 2013, Anda harus menargetkan ke pasar lokal terlebih dahulu. Setelah didapat respon yang positif, barulah Anda bisa memperluas ke daerah lain.

  • Mengubah website Anda menjadi tujuan konsumen

Ubahlah website Anda ke tempat/halaman yang banyak dikunjungi. Pastikan Anda punya foto, video, artikel yang menarik, ulasan profil wisata dan informasi penting lainnya di situs Anda. Konsumen akan menghabiskan lebih banyak waktu di situs Anda, dengan demikian akan meningkatkan kesempatan mereka untuk membeli produk yang Anda jual/tawarkan.

  • Hubungkan strategi online untuk promosi offline Anda

Pada tahun 2013, strategi promosi online dan offline akan menjadi lebih populer. Mulailah dengan memasukkan website URL, kode QR, dan informasi lainnya pada brosur Anda, presentasi PowerPoint, poster dan bahan lain yang Anda gunakan secara offline.

Mungkin demikian opini saya untuk menjadikan pabrik gula di Indonesia semakin produktif dan inovatif sehingga masyarakat ikut merasakan manfat positif peran pabrik gula di negara tercinta Indonesia.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Januari 31, 2013 in Artikel Bebas

 

Tag: , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: