RSS

Tutorial Membuat Simulasi Antrian SPBU dengan Adobe Flash

29 Apr

Assalamualaikum, untuk kali ini kita tidak hanya membahas tentang Adobe Illustrator saja, https://biologyaghung.wordpress.com juga akan mencoba untuk membahas tentang Adobe Flash. Dalam tutorial kali ini, kita akan membahas bagaimana cara membuat simulasi antrian di SPBU. Pertama-tama :
1. Buatlah sebuah jalan dengan menggambar persegi panjang atau juga bisa dengan Line

2. Lalu buatlah sebuah tiruan SPBU. Tidak perlu bagus, yang penting bisa mewakili, …he he he

3. Kemudian buatlah tiruan mobil, dan kopilah menjadi 3. Klik kanan objek mobil ke satu lalu pilih Convert to Symbol, isi Name dengan mobila (mobil A)

4. Untuk mobil lainnya adalah mobilb (mobil B) dan mobilc (mobil C), pada pilihan Type, pilih Movie Clip. Begitu juga dengan SPBU nya, hanya saja namanya diganti dengan tangki atau terserah teman-teman saja.

5. Pada kotak Properties, saat setelah Convert to Symbol, isi Instance Name sesuai dengan nama yang diisikan pada kotak Convert to Symbol tadi.

6. Setelah itu, namai masing-masing mobil dengan A, B, C. Jangan lupa, namai juga SPBU nya juga.
7. Klik kanan Timeline nya, lalu pilih Actions

8. Pada Layer 1 : Frame 1 isi script ini :

xmov=3;
timer = 0;
oldtimer= 0;
_root.onEnterFrame=function()
{}

9. Lalu klik pada objek mobil A dan isikan script ini :

onClipEvent(load){
arah=3;
tambah=1;
timer = 0;
}
onClipEvent(enterFrame){
_x+=arah;
if (hitTest(_root.spbu)){
arah=0;
timer+=tambah;
if(timer==15){
arah=3;
_x += arah;
tambah = 0;
}
}
trace(“mobil A:”+timer);
}

10. Lakukan juga untuk mobil B, dan inilah scriptnya :

onClipEvent(load){
arah=3;
tambah=1;
timer=0;
}
onClipEvent(enterFrame){
_x+=arah;
if (hitTest(_root.mobila)){
arah=0;
} else if(!hitTest(_root.mobila)&& !hitTest(_root.spbu)){
arah=3;
} else if(hitTest(_root.spbu)){
arah=0;
timer+=tambah;
if(timer==15){
arah=3;
_x+=arah;
tambah=0;
}
}
trace(“mobil B: ” + timer);
}

11. Untuk mobil C, ini dia scriptnya :

onClipEvent(load){
arah=3;
timer=0;
tambah=1;
}
onClipEvent(enterFrame){
_x+=arah;
if (hitTest(_root.mobilb)){
arah=0;
} else if(!hitTest(_root.mobilb)&& !hitTest(_root.spbu)){
arah=3;
} else if(hitTest(_root.spbu)){
arah=0;
timer+=tambah;
if(timer==15){
arah=3;
_x+=arah;
tambah=0;
}
}
trace(“mobil C: ” + timer);
}

12. Setelah itu test hasilnya dengan menekan tombol Ctrl + Enter/Return

13. Anda juga bisa menambahkan timer dan menampilkannya dengan menggunakan Text > pilih Dynamic Text pada kotak Propertiesnya dan isi Name sesuai nama mobil. Kemudia ada kotak isian Variable nya isikan _root.mobila.timer . lakukan juga untuk mobil B dan mobil C.
Oke sekian dulu tutorial dari saya, besok masih bisa di sambung lagi…
Tetep semangat dan berkreasi….. 🙂

 
8 Komentar

Ditulis oleh pada April 29, 2011 inci Tutorial Adobe Flash

 

Tag: , , ,

8 responses to “Tutorial Membuat Simulasi Antrian SPBU dengan Adobe Flash

  1. irwan

    Juni 5, 2012 at 4:23 pm

    trace(“mobil A: ” + timer);
    trace(“mobil B: ” + timer);
    trace(“mobil C: ” + timer);

    this type of quotation is not allowed in actionscript. please change it to standard (straight) double quote.
    ini masalahnya apa ya gan?
    ane pake adobe flash cs 5
    mohon bantuannya 🙂

     
  2. ipan

    Desember 2, 2012 at 6:26 am

    mas bisa minta source code nya gak.?

     
    • aghung

      Mei 18, 2014 at 8:45 am

      itu source code nya udah semua di blog gan

       
  3. ayra

    Mei 16, 2014 at 8:10 am

    dengan vb 6.0 ada gk gan?

     
    • aghung

      Mei 18, 2014 at 8:44 am

      wah belum sempat bikin gan, hehe maaf ya

       
  4. anmar

    Juni 4, 2014 at 4:59 am

    permisi gan. saya mau minta bantuan ni.. saya ada tugas simulasi gerakan melingkar. harus menggunakan flash tapi saya baru belajar action script. INI SOALANYA : MISALKAN ANDA DITUNJUK MERANCANG BENTUK PERMAINAN BERUPA LINTASAN SEPEDA YANG BERBENTUK LINKARAN DAN MEMPUNYAI JARI-JARI R =2,7 M. AGAR PEMAINAN INI AMAN BAGI YG MENGGUNAKANYA, ANDA HARUS MENETUKAN KECEPATAN MINIMUN SEPEDA AGAR PADA SAAT BERADA DITTIK PUNCAK LINTASAN MELINGKAR SEPEDAH TIDAK TERJATUH?
    SOLUSINYA BEGINI: ASUMSIKAN SEPEDA SEBAGAI SEBAGAI SEBUA PARTIKEL YANG SEDANG MELINGKAR, DENGAN MENGGUNAKAN ATURAN BAHWA SEMUA GAYA-GAYA MENUJU TITIK PUSAT LINGKARAN ADALAH POSITIP.:; TAPI JAWABANYA SUDAH ADA TINGAL DIKASI MASUK DIACTION SCRIPT.. INI JAWABANYA. AGAR SEPEDA TIDAK TERJATUH SAAT MELEWATI LINTASAN DITITIK PUNCAK LINGKARAN. SEPEDAH HARUS MEMPUNYAI KECEPATAN LEBIH BESAR DARI 5.,1 MS-1 DAN JIKA LEBIH KECIL MAKA SEPEDA AKN TERJATUH.. TOLONG SCRIPTNYA ATAU KALAU BISA DUA DUANYA.. DALAM BENTUK FLASH… TOLONG BALASANYA YAH ,, KALAU MEMANG SUDAH ADA FILENYA. TRUS MALAS BALAS.. KIRIM KAN LEWAT EMAIL SAJA.. asmardens77yes@ymail.com

     

Tinggalkan Balasan ke anmar Batalkan balasan