RSS

Bahaya Minuman Bersoda

12 Apr

Minuman bersoda seakan menjadi minuman favorit. Harganya yang terjangkau serta rasanya yang segar dan bervariasi menjadikan jenis minuman ini disukai berbagai kalangan, mulai anak-anak, remaja, dewasa bahkan orang tua. Kebanyakan orang mengkonsumsi minuman bersoda di tempat-tempat makanan fast food atau pada waktu berkumpul dengan rekan, sahabat, atau sanak famili.Minuman ringan yang diciptakan di Amerika Serikat pada tahun 1830, konsumsinya terus meningkat secara drastis dari tahun ke tahun. Peningkatan ini tidak hanya berlaku di negara Paman Sam saja, tetapi juga di negara-negara lain di seluruh belahan dunia, termasuk Indonesia.
Minuman ini memang menyegarkan, tapi pernahkah Anda tahu bahwa minuman ini menimbulkan resiko buruk bagi tubuh? Di balik kesegaran dan enaknya minuman bersoda, tersimpan berbagai zat perusak kesehatan. Minuman bersoda mengandung zat pewarna buatan, karbonat, asam fosfat, pemanis, bahan pengawet, kafein, dan mengandung zat gula tinggi
Berikut ini beberapa pengaruh buruk akibat minuman bersoda :
Obesitas
Jika dikonsumsi secara berlebihan, minuman ini bukan tidak mungkin menjadi salah satu pemicu naiknya berat badan Anda. Sebuah penelitian mengungkapkan, konsumsi rutin minuman bersoda selama sebulan dapat menaikan berat badan sebanyak setengah kilogram.
Rawan Osteoporosis
Asam phosphoric dalam minuman bersoda pun berpotensi mengikis tulang. Pengikisan tulang tersebut membuat Anda jauh lebih cepat terkena osteoporosis.
Merusak proses pencernaan
Minuman soda mengandung CO2 yang menyebabkan lambung tidak bisa menghasilkan enzim yang sangat penting bagi proses pencernaan. Hal ini terjadi jika mengkonsumsinya bersamaan dengan makan, atau setelahnya. Selain itu juga dapat menyebabkan peniadaan fungsi enzim-enzim pencernaan yang dihasilkan oleh lambung, yang selanjutnya mengganggu proses pencernaan dan pengambilan sari-sari makanan.
Pemicu resiko batu ginjal
Larutan Calsium pada minuman soda akan mengendap di tenggorokan, sel-sel kulit, dan anggota-anggota vital pada tubuh yang bisa berpengaruh pada fungsi ginjal sehingga dapat memicu terkenanya batu ginjal.
Merusak gigi
Kandungan senyawa soda dapat mengikis dan merusak lapisan enamel gigi, sehingga mengakibatkan gigi mudah berlubang dan rusak
Menurunkan jumlah sperma
Berdasarkan sebuah penelitian di Denmark, pria yang mengonsumsi minuman bersoda secara berlebihan bisa menurunkan jumlah produksi dan kualitas sperma. Hasil penelitian itu menemukan, jumlah sperma pria yang rutin minum minuman bersoda hampir 30 persen lebih rendah dibandingkan yang tidak.
Pemicu kanker pankreas
Berdasarkan penelitian para pakar di University of Minnesota, kadar gula yang tinggi pada minuman bersoda dapat meningkatkan kadar insulin dalam tubuh yang menjadi salah satu pemicu resiko terkena kanker pankreas.
Menimbulkan Masalah Bagi Otot
Sebuah penelitian menemukan bahwa terlalu banyak minuman soda bisa menimbulkan masalah otot. Problem otot yang diakibatkan terlalu banyak minum soda itu disebut hipokalemia. Penderita hipokalemia ini mengalami penurunan level potassium dalam darah yang mengakibatkan gangguan pada fungsi vital otot. Gejalanya bisa mengalami lemah otot hingga mati rasa seperti lumpuh

bahaya kan gan! makannya gan jangan suka kebanyakan minum minuman bersoda……

Sumber : http://www.kaskus.us/showthread.php?t=7922395

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada April 12, 2011 in Artikel Bebas

 

Tag: , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: